-->

cara mengatasi memori penuh xiaomi

vivo s20 se vivo v1s harga vivo a12 harga vivo s20 oppo a12 2020 harga realme a12 vivo a12 oppo a12 harga 2020 vivo y30i harga a12 harga vivo y30i vivo y12 y15 y17 harga oppo a12 2020 oppo a12 harga harga oppo a12 gcam vivo y12 vivo y12 antutu antutu vivo y12 vivo y12 gsm oppo a12 harga baru vivo a71

 Xiaomi Redmi Note 5A merupakan smartphone kelas menengah buatan Xiaomi yang diawal kehadirannya dulu, perangkat ini dibanderol dengan harga dibawah 2 juta. 

Meskipun harganya cukup terjangkau, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan xiaomi bisa dibilang mumpuni dikelasnya .

Permasalah Xiaomi Redmi Note 5A yang cepat penuh ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

 Namun penyebab utamanya yang sering terjadi pada hp xiaomi adalah keterbatasan memori internal yang dimiliki smartphone ini, yakni sebesar 16 GB. 

Dalam hal ini, untuk menjalankan sistem operasi ponsel xiaomi kita saja membutuhkan storage minimal mencapai 5 GB.

Keterbatasan memori penyimpanan ini tentunya berimbas pada kemampuan perangkat untuk menginstal aplikasi dan menyimpan file lainnya (foto, video, gambar, dll). 

Apalagi aplikasi saat ini berukuran semakin besar sehingga akan membuat kapasitas memori internal cepat habis.

Ketika ruang penyimpanan hp xiaomi kita penuh akan muncul pesan notifikasi “Ruang Penyimpanan Hampir Habis” dan lain sebagainya.

Bukan itu saja, kinerja sistem Xiaomi juga nanti bisa melambat. Sehingga HP terasa lemot pada saat kita dipakai.

Cara Mengatasi Penyimpanan HP Xiaomi Penuh

Secara garis besar, untuk membersihkan internal Xiaomi yang penuh itu mudah. Dengan cara:

  1. Gunakan Cleaner di Security App
  2. Menghapus aplikasi yang gak pake di HP
  3. Membersihkan Cache
  4. Menggunakan kartu memori
  5. Hapus data aplikasi browser
  6. Mengatur penyimpanan Media di instant messenger
  7. Hapus Bloatware
  8. Pindahkan aplikasi ke external storage
  9. Reset HP

Untuk lebih lengkapnya, silakan disimak:

1. Gunakan Cleaner di Security Xiaomi

Security App merupakan salah satu kelebihan dari MIUI yang teknoowl sukai, aplikasi ini benar benar powerful dan benar benar dibutuhkan hp xiaomi kita.

Salah satu manfaat dari Security App ini adalah Cleaner.

Dengan Cleaner, pengguna Xiaomi tidak perlu lagi memasang aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master atau aplikasi sejenis nya. Fitur ini terbukti efektif untuk membersihkan data-data sampah (junk data) dan meminimalisir penggunaan space di internal storage Xiaomi.

Bisa jadi ternyata banyak data yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan atau banyaknya data sampah (junk) di Xiaomi kita.

Ketuk Cleaner, aplikasi akan melakukan scanning data-data sampah dan cache yang tidak dibutuhkan lagi.

Setelah proses scanning selesai, kamu akan diberikan daftar untuk memilih secara manual data apa saja yang ingin dihapus.

Saya pribadi, saya akan pilih semuanya untuk dihapus.

Ketuk Clean Up untuk memulai proses bersih-bersih hingga muncul notifikasi “No trash” yang artinya Xiaomi sudah bersih dari data sampah.

Setelah proses Clean Up, smartphone bakal lebih lega karena biasanya space yang berhasil dibersihkan tidak tanggung-tanggung, bisa sampai 1 GB tergantung dari berapa lama data sampah tidak pernah dibersihkan.

2. Menghapus aplikasi yang gak pake di HP

Selama ini kita mungkin tidak sadar kita sudah menginstall puluhan aplikasi, namun sering dari kita yang melupakan aplikasi tersebut. 

Dampaknya memori internal hp kita akan di penuhi dengan aplikasi aplikasi yang tidak kita pakai lagi. 

Untuk itu sebaiknya jika sudah tidak di pakai di uninstall saja dari pada menuh-menuhin memori internal hp xiaomi  kita

3. Membersikan Cache

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara. Cache bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut.

Jadi pada saat aplikasi membutuhkan data yang sama, misalnya Facebook, Browser atau Twitter, smartphone tidak perlu mengunduh ulang data yang sama tersebut sehingga bisa lebih cepat.

Pada dasarnya cache ini sangat bermanfaat, tapi kalau terlalu lama tidak dibersihkan bisa menumpuk di storage dan memakan banyak ruang penyimpanan.

Langkah membersihkan cache Android :

  • Masuk ke Setting » Storage;
  • Kemudian ketuk Cached data;
  • Pada saat muncul notifikasi Clear cached data?;
  • Pilih OK;
  • Selesai.

4. Menggunakan kartu memori

Kartu memori adalah opsi wajib yang mesti kamu coba. Terutama kalau hp kita sering menyimpan banyak data di HP Xiaomi, yang akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan internal di hp kita.

Dengan kartu memori, kita bisa mengoptimalisasi file-file yang memberatkan Internal. Misalnya file kamera ( Video,  foto, pdf, dll).

Saat ini sudah tersedia beragam pilihan kartu memori dengan berbagai kapasitas. 

Saran dari saya sih kalau mau awet bisa beli 32GB atau 64GB. Kisaran harganya 120 sampai 200 ribu rupiah (Tergantung merek).

Dengan menggunakan kartu memori, kita bisa menambah kapasitas dari penyimpanan file kita hingga mencapai 64Gb (Tergantung HP) yang akan sangat membantu untuk melegakan ruang dari HP.

5. Hapus data aplikasi Browser

Saat kita sedang browsing memakai HP Xiaomi kita, biasanya browser akan menyimpan riwayat pencarian kita dan data-data web yang berfungsi supaya loading ulang pada web tersebut bisa berjalan lebih cepat.

Tapi semakin lama, tentu akan semakin banyak juga data yang tersimpan. 

Ini bisa pengaruh ke memori internal, bahkan bisa menghabiskan space hingga 800MB atau lebih.

Rekomendasi saya silakan hapus saja data Browsernya. Lumayan untuk menghemat internal. Langkah-langkahnya seperti ini :

  • Langkah pertama silakan buka Setelan Xiaomi
  • Masuk ke Aplikasi Terinstall → Lalu cari Browser yang biasa Anda pakai
  • Kemudian ketuk menu Penyimpanan → Lalu ketuk tombol Hapus Data
  • Kalau sudah silakan buka Browser tersebut

Menghapus data browser disini akan membuat history, cache dan lain-lain terhapus. Juga akun-akun biasanya akan jadi dalam kondisi logout.

Setelah browser terbuka, coba pergi ke situs yang biasa Anda kunjungi. Lalu atur hal-hal yang dibutuhkan dulu supaya nanti nggak ribet. Misalnya login ulang.

6. Pengatur penyimpanan Media di instant messenger

Pengaturan standar penyimpanan media yang dikirim atau diterima oleh instant messenger misalnya WhatsApp adalah memori internal. 

Oleh karena itu, atur agar aplikasi WhatsApp tidak mengunduh foto atau video secara otomatis agar penyimpanan internal tidak cepat penuh.

Terlalu banyak menerima foto dan video yang sebenarnya tidak kamu inginkan, misalnya dari group OL shop dan sejenisnya akan cepat menyita kapasitas storage HP.

Ketuk titik tiga pada pojok kiri untuk masuk ke Pengaturan;

Pilih Data usage;

Hilangkan semua centang pada When using mobile data, When connected on Wi-Fi dan When roaming.

Dengan cara ini maka foto dan video tidak akan terunduh otomatis jika ada seseorang yang mengirim file media berupa foto atau video. Jika ingin melihatnya, unduh secara manual.

7. Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Penting (Bloatware)

Menghapus aplikasi bawaan atau bloatware ternyata cukup ampuh untuk memberi ruang lebih di internal storage Xiaomi pengguna.

8. Pindahkan aplikasi ke external storage

Kalau sudah melakukan semua langkah di atas tetapi penyimpanan internal masih terasa penuh, ya sudahlah coba pindahkan aplikasi yang ada di internal storage ke MicroSD.

Mengapa Tidak Ada Pilihan Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal?

Menurut marcus_keong – salah satu super moderator di forum MI – memindahkan aplikasi ke memori eksternal tidak begitu disarankan.

Tak seperti android murni (AOSP), ada beberapa alasan mengapa MIUI tidak mengijinkan penyimpanan aplikasi ke memori eksternal, diantaranya:

Penyimpanan aplikasi di memori eksternal membuat aplikasi berjalan lebih lambat jika dibandingkan pada memori internal, 

hal ini disebabkan karena kecepatan baca tulis (read/write) memori eksternal lebih lambat dibanding memori internal.

Banyak aplikasi pihak ketiga yang sudah tidak mengijinkan lagi jika aplikasi mereka dipasang pada memori eksternal.

Kemungkinan kerusakan memori eksternal lebih besar dibanding memori internal apalagi jika penggunakan dalam jangka panjang. 

Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya data-data penting terkait aplikasi yang terpasang di memori eksternal.

9. Reset HP

Langkah ini adalah langkah terakhir, ketika smartphone kalian lemotnya sudah melampaui batas. 

Di dalam sistem android, kita di sediakan menu reset pabrik. 

Reset ini akan menghapus semua data-data yang ada di smartphone kalian, maka sebaiknya sebelum mereset ke pengaturan awal, backup semua file terlebih dahulu, foto, video, kontak dan lain-lain.


Salam kata Teknoowl

Dengan cara-cara diatas, saya berhasil melegakan memori internal Xiaomi yang penuh hingga 80%. Bisa dibilang lumayan banyak.

Optimalisasi ini bisa dilakukan di semua HP Xiaomi. Utamanya di MIUI versi terbaru. Jadi jangan lupa untuk update sistem secara berkala (Jika ada).

Kalau dirasa masih kurang optimal, coba tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Mungkin nanti akan saya beri tips lainnya.

Semoga bermanfaat.

insurance home insurance ins 19 seguros sin barreras insurance i ins ostey insurance humana b humana a seguro estrella insurance seguro united insurance seguro univista seguros univista insran seguro workers compensation humana r paga menos insurance humana s villacis insurance cuenta conmigo insurance ayuda hispana insurance progressive seguro carro seguros state farm insurance imax insurance state farm seguro stefan insurance freeway seguros rl jones insurance san luis az fiesta auto insurance santa rosa ca insuremytesla seguro state farm dulcinea insurance e max insurance insurance amigos tripoley insurance seguro sr22 insurance europe manos insurance seguro liberty mutual hern√°ndez insurance internacional insurance fidelity living stem farm insurance texas ins dppo seguro nationwide seguro bristol west aspan insurance seguro progressive apple ins allianz international autocillin auto insurance adira autocillin insurance110 broker axa autocillin adira zurich adira insurance sinarmas insurance

0 Response to "cara mengatasi memori penuh xiaomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 2X ] [ close ]