Pengertian, Fungsi kelebihan PHP Lengkap



Teknoowl – Pengertian, Fungsi kelebihan PHP Lengkap. PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan developer web saat ini. 

Kemudahan-kemudahan yang disediakan bahasa pemrograman php ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi seorang programmer. dengan adanya bahasa pemrograman php ini, kita dapat mengembangkan website kita secara dinamis.

Pengertian PHP

Berikut Ini Teknoowl akan ulas Pengertian PHP. Hypertext Prepocessor atau nama lainnya PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. 

PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994 kelahiran Denmark. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari Personal Home Page Tools. Selanjutnya diganti menjadi FI Forms Interpreter. 

Sejak di keluarkannya versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP“. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

PHP merupakan sebuah bahasa server-side untuk pemrograman web yang pada awalnya merupakan program CGI yang di khususkan untuk menerima input melalui form yang di tampilkan browser. 

PHP dikatakan bahasa server-side embeded script language maksudnya adalah sintaks-sintaks dan perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server dan dikirim ke komputer client berupa bahasa HTML.

Kelebihan PHP

  Berikut ini Teknoowl Paparkan kelebihan PHP dari bahasa Pemrograman web ini, antara lain:
   
  1. PHP adalah sebuah bahasa pemerograman script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana – mana dari mulai Xitami, IIS, Lighttpd, hingga apache dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3.  Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah di pahami karena memiliki referensi yang banyak di internet.
  4. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di banyak sistem operasi komputer (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah perintah system dengan baik.
  5. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya reverensi reverensi yang dapat kita jumpai di internet dan programer developer yang siap membantu dalam pengembangannya.

Fungsi PHP

PHP berfungsi sebagai pemersingkat script bahasa pemrograman. Disisi lain PHP juga dapat digunakan dalam menginput data ke sistem database dengan mudah. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai pelaksanaan manajemen cookie dan session dalam berbagai macam aplikasi ataupun web dan menghasilkan gambar.

Mengapa Harus PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan dan memiliki komunitas yang sangat banyak, sehingga php mudah untuk dipelajari. Selain itu PHP adalah salah satu bahasa multi platform yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi. 

Kode PHP di simpan sebagai plain text dalam format ASCII, sehingga bahasa PHP dapat ditulis dengan berbagai text editor contohnya sublime yang lebih ringan diberbagai sistem operasi yang ada saat ini salah satunya linux ataupun windows.

Demikian Artikel Pengertian Fungsi PHP lengkap yang adapat Teknoowl sampaikan. Silahkan bagikan atau share artikel ini jika dirasa ada yang membutuhkan Artikel ini.


0 Response to "Pengertian, Fungsi kelebihan PHP Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel (link)