Cara Mengunci File Microsoft Word, Excel & Powerpoint (ppt)


Teknoowl – Pasti pernah gak di jahinlin kawannya pas lagi buat tugas tiba tiba isi file yang kita buat dah di ubah, srasanya kesal deh klau sempat ngulah buat file itu lagi. Berikut ini Teknoowl akan membahas artikel tentang cara mengunci file Ms Word, Ms Excel dan Powerpoint.

Untuk cara mengunci kumpulan ms office sangat mudah sekali, dan keuntungan yang kita dapatkan adalah orang lain tidak dapat melihat data-data penting kita. Namun pada pembahasan teknoowl akan menjelaskan 3 software pada microsoft office, seperti word, excel dan powerpoint atau ppt.

File microsoft office adalah dokumen yang sangat penting kalian amankan, misalnya saja seperti ppt yang akan dipresentasikan nantinya, namun ppt tersebut sangat privasi bagi Anda, dan tak secara sengaja ada orang yang melihat slide presentasi kita pada ppt, tentu sangat mengecewakan banget ya.

Lalu, apakah bisa mengunci file data yang ada di ms word, mengunci file ms excel dan mengunci power point? Tentu saja bisa, dan Teknoowl akan memberikan cara yang paling mudah untuk Anda, yang penting bisa dikunci supaya orang lain tak tahu apa isi data anda.

Cara Mengunci File Microsoft Word, Excel dan Power Point

Perlu kamu garis bawahi, ketika kalian salah menginput password yang telah kamu save, nanti file tersebut masih tetap terbuka, hanya saja isinya kosong. Tetapi kalau menginput passwordnya benar, maka akan ada isinya sesuai yang kalian isikan pada file tersebut.

Oh iya, apakah bisa membuka lagi proteksi word, excel dan power point? Tentu saja bisa ya, teknoowl akan  memberitahukan caranya nanti pada tutorial dibawah ini.

Dan juga kalian dapat menerapkannya pada versi 2007, 2010, 2013 dan 2016. Namun pada tutorial ini kami mencontohkan pada tampilan 2016, jika kalian versinya bukan 2016 jangan khawatir, karena metodenya saja sama kok, enggak ada bedanya.

Cara Kunci File Microsoft Word

Untuk cara memberikan password pada dokumen microsoft word sangat mudah sekali, dan ini kalian bisa terapkan pada versi 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. Namun kami contohkan versi 2016, kalau kalian versi lain caranya tetap sama aja kok, tinggal kamu sesuaikan sendiri saja yaa.

  1. Save terlebih dahulu file ms word nya.
  2. Kalian klik menu File pada bagian atas.

3. Kalian pilih Protect Document, kemudian klik Encrypt with Password.

  4. Lalu kamu masukkan passwordnya sesuai selera kamu, dan konfirmasi dengan password yang            sama.
  5. Selesai.


Bagaimana cara membuka proteksi dokumen / password file word? Untuk cara membuka passwordnya sama seperti ingin memasukan password baru (pada step encrypt with password), namun kamu tinggal hapus saja password yang ada menjadi kosong, lalu save deh.

Cara Kunci File Microsoft Excel

Cara mengunci dokumen excel sangat mudah sekali, tetapi untuk contoh gambar sebagai simulasinya sama persis dengan metode di word, kalian bisa lihat pada tutorial pertama diatas yaa gaess, jadi kami cukup jelaskan dengan kata-kata saja.

  1. Save terlebih dahulu file excel-nya.
  2. Klik menu File pada bagian atas.



        3. Kalian pilih Protect Workbook, 
        4. kemudian pilih Encrypt with Password.
        5. Lalu masukkan passwordnya, dan konfirmasi lagi dengan password yang sama.
        6. Selesai deh.

Lalu bagaimana cara membuka proteksi / password file excel? Cara membuka passwordnya supaya tidak ada password lagi ketika masuk, kalian cukup klik encrypt with password (lihat step diatas), lalu kosongkan pada password yang sudah ada.

Cara Kunci File Microsoft Power Point (PPT)

Dan untuk cara proteksi file ppt mudah juga metodenya, dan pada pembahasan ini kami tidak menyertakan gambar sedetailnya, karena metodenya juga sama seperti metode pertama dan kedua diatas.

  1. Save terlebih dahulu file ppt-nya.
  2. Klik menu File yang terdapat di bagian atas.
  3. Kalian pilih Protect Presentation, kemudian pilih Encrypt with Password.
  4. Lalu masukkan password, dan konfirmasi lagi dengan password yang sama.
  5. Selesai deh.

Lalu bagaimana cara membuka password ppt? Untuk membukanya kalian cukup klik encrypt with password (lihat pada step diatas), dan kosongkan pada password yang sudah terisi.

Penutup

Dan metode diatas bisa kalian terapkan pada semua versi yaa gaess, gak hanya versi 2016 saja, versi dibawahnya maupun diatasnya juga sama metode mengunci filenya. Mungkin itu saja yang bisa kami share kepada kalian, semoga bermanfaat dan selamat untuk mencobanya.

Masih ada yang bingung atau ada kritikan lainnya? Langsung aja komentar dibawah yaa gaess, semua komentar kalian pastinya akan kami jawab dengan cepat.

0 Response to "Cara Mengunci File Microsoft Word, Excel & Powerpoint (ppt)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel