3 Elemen Utama Pada Komputer dan Penjelasannya

Untuk dapat menjalankan komputer dengan baik dan menghasilkan sebuah informasi dengan benar, maka ada 3 elemen yang paling utama yang harus ada saat mengoperasikannya.

3 Elemen Utama Komputer 

3 Elemen Utama Komputer

1. Hardware (Perangkat Keras)
2. Software (Perangkat Lunak)
3. Brainware (Orang yang Mengoperasikan Komputer)

Dengan 3 elemen diatas maka sebuah komputer dapat beroperasi dengan benar karena ketiga elemen tersebut saling membutuhan. Sebuah Hardware tidak akan berguna jika tidak adanya Software didalamnya, karena sifat Hardware seperti wadah yang bisa menampung Software, Jadi jika tidak adanya Hardware maka Software pun tidak akan ada, sedangkan Brainware itu adalah SDM (Sumber Daya Manusia) atau bisa kita sebut dengan orang yang mengoperasikan komputer tersebut, jadi walaupun Hardware dan Software sudah ada jika tidak adanya orang yang mengoperasikannya maka Hardware dan Software tidak akan berguna.

Penjelasan 3 Elemen Komputer


1. Hardware (Perangkat Keras) 

Hardware Merupakan sebuah rangkaian elektronika atau bisa juga diartikan sebagai perangkat komputer atau komponen komputer yang bersifat fisik dapan dilihat dan disentuh oleh pengguna komputer, dan Hardware terbagi lagi menjadi 3 bagian utama yaitu :

 a. Prosesor atau Processor
Prosesor adalah komponen dari Hardware komputer yang bekerja memproses aritmatika dan logika dan pengendalian operasi komputer dengan keseluruhan. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.

Prosesor juga adalah bagian dari komponen komputer yang juga merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.

Untuk lebih lanjutnya tentang prosesor silahkan baca disini Penjelasan Prosesor dan Jenisnya

b. Memory (Penyimpanan)
Mungkin kalian sudah banyak taulah dengan penjelasan memori, ya tentu saja tempat penyimpanan pada perangkat komputer yang menampung data-data pada komputer, Memori sendiri memiliki 2 bagian utama lainnya yaitu

+ Primary Memory yang digunakan untuk penyimpanan data komputer serta menjalankan instruksi dari program yang dijalankan pada komputer yang biasa disebut banyak orang dengan RAM (Random Access Memory)

Primary Memory atau Memori Primer berkarakteristik sebagai berikut :
 - Volatil yaitu Informasi hanya bertahan apabila komputer masih beroperasi atau bekerja, namun jika komputer dimatikan maka informasi yang tersimpan tadi juga akan hilang.
 - Memiliki pemrosesan data secara cepat, sehingga yang ditekankan adalah kapasitas process dan kecepatannya bukan keamanan penyimpanan datanya

+ Secondary Memory yang digunakan untuk penyimpanan bersifat permanen atau dalam jangka lama walaupun komputer sedang tidak dalam keadaan menyala atau bekerja.

Secondary Memory memiliki karakteristik :
 - Non Volatil artinya informasi masih bertahan walaupun komputer sedang tidak beroperasi atau informasi masih akan tetap ada meski komputer sudah dimatikan.
 - Sifat lain dari Memory sekunder yaitu tidak bisa secara langsung diakses oleh CPU, dalam pengaksesan data yang tersimpan didalamnya, maka data pada memory sekunder dipindahkan ke memori primer, lalu akan dibaca dan dieksekusi oleh processor.
 - Memory sekunder merupakan wadah atau tempat tersimoannya data yang kita miliki. seperti Hardisk, flashdisk, CDR dan DVD adalah contoh memory sekunder.

c. Piranti
Merupakan Perangkat keras atau Hardware yang dipakai pengguna (User) dalam mengoprasikan komputer dan sebagai penghubung komputer dengan lingkungan luar, Piranti memiliki 2 Bagian diantaranya :

Input Device : Merupakan piranti masukan berfungsi sebagai media yang mengelolah masukan dari luar. Adapun contohnya :

1. Keyboard
2. Mouse
3. Camera
4. Scanner
5. Dll

Output Device : Merupakan piranti masukan yang berfungsi sebagai media yang menglolah keluaran dari dalam (komputer). Adapun contohnya :

1. Monitor
2. Speaker
3. Printer
4. Dll

2. Software atau Perangkat Lunak

Merupakan program komputer yang bekerja sebagai pengendali, instruksi atau perintah dalam melakukan pengelolahan data. Melwin Syafrizal Daulay (2007), menjelaskan pengertian software yaitu perangkat yang bekerja sebagai pengendali dalam mengoperasikan komputer yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

Jenis dasar Software atau perangkat lunak


  • Operating System (Sistem Operasi) adalah perangkat lunak sistem yang mengelolah dan mengatur sumber dari Software dan Hardware, contoh OS diantaranya Windows, Linux, UNIX, DOS, dan lainnya
  • Programming Language (Bahasa Pemrograman adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai perintah melibatkan sebuah sintax dan sematik yang digunakan untuk mendefinikan atau membuat program aplikasi komputer, contoh bahasa pemograman diantaranya : PHP, Java, Pyton, C ++ dan lainnya.
  • Aplication Program (Program Aplikasi) adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai software yang menampilkan informasi dari komputer, atau aplikasi-aplikasi yang sering kita jumpai pada layar komputer contoh program aplikasi diantaranya : MS.Office, Coreldraw, Photoshop, dan banyak lainnya lagi.

3. Brainware atau Pengguna

Adalah manusia yang mengoperasikan komputer tersebut, tanpa adanya Brainware ,Software dan Hardware tidak akan bisa dioperasikan. Peranan pengguna pada komputer diantaranya sebagai Operator, Programmer, Analis Sistem, Blogger, dan lainnya.

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai 3 elemen utama pada komputer, semoga kalian dapat mengerti dan jangan lupa untuk baca artikel kami lainnya juga.

0 Response to "3 Elemen Utama Pada Komputer dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel