Kegunaan RAM pada Smartphone Sebenarnya

Fungsi RAM pada Smartphone - Sebagai produsen smartphone pastinya mereka menginginkan untuk mendapat banyak peminat pada produk yang mereka hasilnya, oleh karena itu setiap produsen smartphone terus mengembangkan produk smartphone mereka mengikuti perkembangan teknologi sebagai daya tarik untuk para konsumen mereka.

Selain itu untuk lebih banyak menarik pelanggan dan peminat setiap produk smartphone menawarkan banyak kelebihan seperti hasil foto yang bagus, harga yang terjangkau bagi semua kalangan dan processor yang kencang dan juga RAM yang berkapasitas besar.


Lalu RAM itu sebenarnya untuk apa? dan apakah sangat berpengaruh pada smartphone dan juga RAM memiliki varian yang berbeda mulai dari 512MB. Oke untuk itulah kalian datang untuk membaca artikel ini.

Kegunaan RAM pada Smartphone


RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang mana RAM ini memiliki fungsi yang sangat berguna bagi smartphone dalam membantu kinerja processor pada smartphone tersebut dalam menyimpan aplikasi / file yang bersifat sementara, bisa juga dikatakan dengan Multitasking, contohnya apabila kita memutar sebuah video pada galeri kita lalu tiba-tiba ada sebuah sms atau chat seperti whatapps yang masuk pada smartphone kita dan kita segera membuka chat tersebut tanpa harus menutup video yang kita putar tadi terlebih dahulu, setelah  itu kita bisa membuka kembali video yang kita putar tadi tanpa harus mengulangnya dari awal.

Dari hal yang dilakukan oleh file video dan whatsapp diatas itulah yang dilakukan oleh RAM atau salah satu cara kerja RAM pada smartphone tersebut, jadi pengaruh RAM pada smartphone itu sangat penting jika tidak adanya RAM maka setiap pengguna smartphone akan kewalahan dalam melakukan aktifitas pada smartphonenya karena tidak bisanya multitasking, dan RAM memiliki berbeda ukuran itu dikarenakan sesuai kebutuhan dari smartphone yang dibuat oleh produsen.

Jika smartphone x memiliki ram hanya sebesar 1GB itu karena produsen tersebut membatasi bagi pengguna dalam melakukan aktifitas yang dalam smartphone karena juga menyesuaikan dengan CHIPSET yang dimiliki smartphone tersebut, jika kita memiliki RAM yang besar contohnya 4GB akan tetapi chipset atau processor kita rendah maka kinerja smartphone tersebut juga akan tidak bagus karena aplikasi pada smartphone tersebut akan menjadi berat dan sangat lemot, oleh karena itulah setiap produsen juga memperhatikan processor atau chipset yang digunakan agar sesuai dengan RAM yang dimiliki supaya kinerja smartphone menjadi lebih baik dan tidak lemot.

Keuntungan Memiliki RAM Besar.

Ada beberapa keuntungan yang dapat apabila smartphone yang kita miliki mempunyai kapasitas yang besar.

1. Sangat membantu kinerja Smartphone menjadi lebih ringan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ram sangat membantu kinerja processor, dengan ram yang berkapasitas lebih besar akan sangat membantu processor agar lebih bekerja secara optimal. Karena walau pun smartphone kalian memiliki processor terbaik sekali pun tidak akan bekerja secara optimal jika ram yang dimiliki kecil, maka dari itu processor dan ram memiliki kinerja yang saling mendukung satu sama lainnya.

2. Bisa download banyak aplikasi.

Selanjutnya dari kelebihan atau keuntungan jika memiliki ram smartphone yang berkapasitas besar yaitu kalian bisa mendownload aplikasi pada smartphone kalian lebih banyak dibandingkan smartphone dengan ram kecil.

3. Multitasking lebih ringan.

Dengan pengguna smartphone yang semakin hari semakin banyak dan banyak diminati oleh semua kalangan dan semua keperluan tentunya multitasking menjadi hal yang sangat perlu dilakukan pada smartphone kalian, dengan memiliki ram yang besar dalam membuka banyak tab aplikasi akan lebih ringan dan lancar-lancar saja tanpa lemot sedikit pun.

4. Bisa download aplikasi lebih besar.

Selain bisa mendownload banyak aplikasi, dengan ram yang lebih besar akan memudahkan penggunanya untuk mendownload aplikasi yang berukuran super besar, baik itu untuk keperluan bekerja, belajar, atau hanyak untuk bersenang-senang.

Dengan banyaknya update dari setiap aplikasi pada perangkat smartphone juga akan menambah besarnya kapasitas aplikasi tersebut oleh karena itu sangat pentingnya memiliki ram yang besar dari pada harus menghapus beberapa aplikasi karena penyimpanan yang cepat penuh karena update.

5. Main game HD lebih lancar.



Jika kalian adalah salah satu pecinta game atau yang tidak bisa lepas dari yang namanya game maka sebaiknya dalam hal memilih smartphone lebih baik kalian membeli smartphone yang berkapasitas RAM-nya lebih besar, karena dengan ram yang lebih besar akan sangat membatu dalam kinerja aplikasi game HD atau dengan grafik tinggi.

Pada umumnya game yang HD atau memiliki grafik tinggi biasanya memiliki min penyimpanan 1GB dan juga dengan hp atau smartphone yang memiliki ram kecil (Hp Kentang) akan tidak bisa memainkan game game yang memiliki grafik tinggi, mungkin sebagian bisa tetapi game tersebut akan lebih lemot atau lag jika dipaksakan main di hp ram kecil.


0 Response to "Kegunaan RAM pada Smartphone Sebenarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel