Pemerintah Perancis Melarang Menggunakan WhatsApp dan Telegram

Tekno Owl - Pemerintahan Perancis menetapkan bahwa aplikasi WhatsApp dan Telegram tidak diperbolehkan digunakan sebagai media komunikasi antara pegawai dan instansi pemerintah (PNS) Perancis.

Pemerintahan Perancis telah mengumumkan sebuah aplikasi sebagai penganti WhatsApp dan Telegram yaitu Aplikasi Tchap, yang merupakan aplikasi komunikasi instan buatan dalam negeri.

Akan tetapi tidak semua kalangan bisa menggunakan Tchap, hanya pegawai pemerintah saja yang dapat melakukan login dan membuat akun untuk aplikasi Tchap ini.

Bertujuan agar komunikasi antara pegawai dan instansi pemerintah tidak disimpan oleh server luar negeri seperti aplikasi WhatsApp dan Telegram bisa diintip oleh pihak asing.

Sedangkan Tchap hanya berlokasi dikawasan perancis serta komunikasi mereka pada aplikasi tersebut bisa dilindungi dengan enkripsi.

Ironisnya, di hari yang sama dengan rilisnya tanggal 18 April lalu, sebuah bug keaamanan ditemukan di Tchap. Bug ini memungkinkan orang di luar kalangan pemerintah membuat akun dan menggunakan Tchap.

Untunglah, pihak pengembang Tchap langsung menambal bug dimaksud, juga di hari yang sama dengan penemuannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Senin (22/4/2019).



Nama "Tchap" sendiri diambil dari ilmuwan, Claude Chappe, penemu sistem telegraf optis yang diterapkan di seluruh Perancis antara tahun 1792 hingga 1850, sebelum digantikan sistem telegraf listrik.

Aplikasi Tchap kini sudah tersedia di toko aplikasi Android, Google Play Store dan Apple App Store untuk iOS. Dashboard untuk mengakses Tchap dari peramban web sedang disiapkan.

Pemerintah Perancis membuka source code Tchap di repositori GitHub, sehingga pihak lain bisa membuat aplikasi serupa untuk keperluan internal.

Sumber : tekno.okezone.com

0 Response to "Pemerintah Perancis Melarang Menggunakan WhatsApp dan Telegram"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel