Pengertian dan Cara Menggunakan Sublime Text

Cara Menggunakan Sublime Text - Halo selamat datang kembali sahabat teo, pada pembahasan diartikel saya yang ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai cara penggunaan dasar text editor yaitu sublime text dan sebenarnya ini pelajaran tambahan untuk kalian yang sedang mengikuti artikel pemograman saya atau untuk kalian yang hanya ingin sekedar tau cara penggunaanya.

Penjelasan Singkat Sublime text



Sublime text adalah salah satu text editor yang kini cukup banyak peminatnya, dan penggunaan software ini bisa digunakan juga oleh berbagai macam platform OS (Operating System). Sublime text juga banyak sekali mendukung banyak bahasa pemograman dan bahasa markup.

Sublime text diresmikan pada tahun 2008 dan sudah memiliki beberapa versi dan kini sudah sampai keversi Sublime text 3 juga merupakan versi yang sekarang saya gunakan dalam pemograman. penggunaan sublime text banyak sekali membantu pekerjaan seorang web developer atau programer lainnya seperti memudahkan programer dalam membedakan syntak dengan warna yang dimilikinya dan banyak juga kelebihan lainnya yang dapat dilakukan oleh text editor ini.

Sublime Text dan Notepad


Sebagian orang ada yang bertanya apa yang membedakan notepad dengan sublime text, karena pada dasarnya notepad dan sublime text sama-sama text editor dan juga bisa menjalankan scriptnya. saya jawab iya sublime text dan notepad memang memiliki kesamaan akan tetapi lebih banyak perbedaan dari kedua text editor ini, salah satunya perbedaan yang bisa kita lihat yaitu dari segi penampilan.


Dari gambar diatas bisa kita lihat tampilan notepad hanya putih dan dengan tulisan yang berwarna hitam sedangkan dalam penggunaan sublime text dalam penulisan script itu lebih banyak warna yang dapat membedakannya atau biasa dibilang dengan Highlighter. dan banyak lagi kelebihan yang bisa kalian temukan diantara notepad dan sublime text saat kalian sudah menggunakan text editor ini.

Download Sublime Text


Untuk kalian yang ingin mendownload aplikasi sublime text ini kalian bisa mengunjungi situs resminya di SUBLIME TEXT.

Cara Instal Sublime Text.


Dalam melakukan istalalasi aplikasi ini sangatlah mudah dan sama halnya seperti kalian melakukan penginstalan aplikasi lainnya hanya tinggal next next saja, dan saya rasa kalian mengerti itu.

Cara menggunakan Sublime Text


Cara dasar yang dapat kalian lakukan pertama sekali dalam menggunakan aplikasi ini yaitu silahkan buka aplikasi sublime text dengan cara klik 2x atau juga bisa klik kanan dan pilih open. Selain itu kalian juga bisa memasukan folder project kalian kedalam sublime text agar nantinya dengan mudah untuk menemukan file lainnya yang terdapat pada folder project tanpa harus menggunakan open file, cara sangat mudah yaitu saat sublime text kalian sudah terbuka silahkan tarik folder project kalian kedalam sublime text maka akan otomatis sublime text akan membaca folder tersebut dan meletakannya pada side kiri, atau juga bisa kalian menggunakan klik menu file pada bar dan pilih open folder.


Kelebihan Sublime Text.


Banyak kelebihan yang dimiliki oleh text editor ini, dan berikut saya akan memaparkan beberapa kelebihan dalam penggunaan sublime text diantara:

1. Software yang ringan
Kelebihan pertama yang dimiliki oleh text editor satu ini diantaranya yaitu software yang ringan dan tidak banyak memakan RAM pada komputer kalian.

2. Support Platform.
Yang ketiga yaitu support dibanyak platform OS seperti Windows dan lainnya.

3. Mini Map
Selain itu sublime text juga memiliki mini map disisi kanan atasnya untuk mempermudahkan kita dalam menemukan kode.

4. Mengganti Background.
Kelebihan lainnya yaitu kalian juga bisa menganti background atau scheme text editor satu ini jika kalian bosan dengan warna bawaannya yaitu hitam dengan cara pilih menu preferences pada menu bar dan pilih color scheme.

Fitur dimiliki Sublime Text.


Selain kelebihan diatas sebenar fitur-fitur yang dimiliki sublime text ini juga merupakan kelebihan dari text editor ini, dan sublime text memiliki banyak sekali fitur-fitur yang menarik dan sangat mempermudah bagi seorang yang menuliskan script pada text editor ini. diantaranya yaitu:

Split Editing


Penggunaan split mode bisa dilakukan bagi kalian ingin membuka beberapa file atau beberapa project sekaligus tanpa harus menutup project lainnya.

Multi Selection


Multi Selection fitur ini yaitu fitur yang digunakan untuk dapat menyeleksi beberapa baris text atau kode pada script, cara menggunakannya hanya dengan (CTRL+Klik) dengan fungsi ini sangat memudahkan programer dalam mengedit dalam banyak baris.

Go Anything.


Fitur ini digunakan untuk dapat melakukan akses pencarian sebuah file dalam project dengan cepat kalian hanya tinggal mengetikan nama filenya dan cara menggunak fitur ini yaitu (Ctrl + P).

Command Palette


Fitur yang digunakan untuk mengakses file shortcut sangat berguna bagi kalian yang tidak hafal shortcut bisa menggunakan fitur ini dengan cara (Ctrl + Shift + P) .

Auto Complate


Sublime text juga menyediakan fitur auto complate saat mengetikan sebuah kalimat maka otomatis dia akan merekomendasikan kalimat apa yang ingin kita ketik.

Duplicate Syntax.


Selain itu juga ada fitur duplicate atau menggadakan baris / syntaxt yang bisa kita lakukan caranya yaitu silahkan klik baris atau syntax yang ingin di gandakan lalu tekan (Ctrl+Shift+D).

Fast Select.


Fitur yang melakukan agar dalam melakukan seleksi dengan cepat pada satu text (Ctrl+D).


Mungkin cukup sekian untuk penjelasan sublime text, akan lebih baik lagi jika kalian mempraktekannya secara langsung dan masih banyak fitur yang dapat kalian temukan disana dan penjelasan saya tadi hanya beberapa diantara fitur yang dimilikinya saja.

0 Response to "Pengertian dan Cara Menggunakan Sublime Text"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel