Definisi LCD (Liquid Crystal Display) dan Cara Kerjanya

Pengertian LCD 


LCD Singkatan dari "Liquid Crystal Display." LCD adalah teknologi tampilan panel datar yang biasa digunakan di TV dan monitor komputer. Ini juga digunakan di layar untuk perangkat seluler, seperti laptop, tablet, dan smartphone.


Layar LCD tidak hanya terlihat berbeda dari monitor CRT yang besar, cara mereka beroperasi juga sangat berbeda. Alih-alih menembakkan elektron pada layar kaca, LCD memiliki cahaya latar yang memberikan cahaya ke piksel individu yang diatur dalam kotak persegi panjang. Setiap piksel memiliki sub-piksel RGB merah, hijau, dan biru yang dapat dihidupkan atau dimatikan. Ketika semua sub-piksel piksel dimatikan, tampak hitam. Ketika semua sub-piksel dihidupkan 100%, tampak putih. Dengan menyesuaikan level individu dari cahaya merah, hijau, dan biru, jutaan kombinasi warna dimungkinkan.

Struktur dasar LCD


Bagian-bagian atau struktur dasar LCD atau Liquid Crystal Display diantaranya adalah :


  • Lapisan Terpolarisasi 1 (Polarizing Film 1)
  • Elektroda Positif (Positive Electrode)
  • Lapisan Kristal Cair (Liquid Cristal Layer)
  • Elektroda Negatif (Negative Electrode)
  • Lapisan Terpolarisasi 2 (Polarizing film 2)
  • Backlight atau Cermin (Backlight or Mirror)

Catatan :

LCD yang dipakai pada Kalkulator dan Jam digital pada dasarnya menggunakan Cermin untuk memantulkan kembali cahaya alami agar dapat menghasilkan digit yang terlihat di layar. Sedangkan LCD yang lebih modern dan berkekuatan tinggi seperti TV, Laptop dan Ponsel Pintar menggunakan lampu Backlight (Lampu Latar Belakang) untuk menerangi piksel kristal cair. Lampu Backlight tersebut pada umumnya berbentuk persegi panjang atau strip lampu Flourescent atau Light Emitting Diode (LED).

sumber : blog teknik elektronika

Cara kerja LCD



Lampu latar dalam tampilan kristal cair memberikan sumber cahaya yang merata di belakang layar. Cahaya ini terpolarisasi, yang berarti hanya setengah dari cahaya yang menyinari lapisan kristal cair. Kristal cair terdiri dari bagian padat, bagian zat cair yang dapat "dipelintir" dengan menggunakan tegangan listrik. Mereka memblokir cahaya terpolarisasi saat dimatikan, tetapi memantulkan cahaya merah, hijau, atau biru saat diaktifkan.

Setiap layar LCD berisi matriks piksel yang menampilkan gambar di layar. LCD awal memiliki layar matriks pasif, yang mengontrol piksel individu dengan mengirimkan muatan ke baris dan kolom mereka. Karena jumlah muatan listrik yang terbatas dapat dikirim setiap detik, layar matriks pasif diketahui memiliki tampilan buram ketika gambar bergerak cepat di layar. LCD modern biasanya menggunakan teknologi matriks aktif, yang mengandung transistor film tipis, atau TFT. Transistor ini termasuk kapasitor yang memungkinkan piksel individu untuk "secara aktif" mempertahankan muatannya. Oleh karena itu, LCD matriks aktif lebih efisien dan tampak lebih responsif daripada tampilan matriks pasif.

Perbedaan LCD dengan LED


LED adalah singkatan dari light emitting diode. Meskipun memiliki nama yang berbeda dari layar kristal cair, itu bukan sesuatu yang sepenuhnya berbeda, tetapi sebenarnya hanya jenis layar LCD yang berbeda.


Perbedaan utama antara layar LCD dan LED adalah bagaimana mereka menyediakan cahaya latar. Cahaya latar mengacu pada bagaimana layar menyalakan atau mematikan cahaya, sesuatu yang penting untuk memberikan gambar yang bagus, terutama antara bagian layar yang hitam dan berwarna.

Layar LCD biasa menggunakan lampu fluorescent katoda dingin (CCFL) untuk keperluan lampu latar, sedangkan layar LED menggunakan diode pemancar cahaya (LED) yang lebih efisien dan lebih kecil. Perbedaan keduanya adalah bahwa LCD CCFL-backlit tidak selalu dapat memblokir semua warna hitam, dalam hal ini sesuatu seperti hitam pada adegan putih dalam film mungkin tidak tampak begitu hitam, sedangkan LCD LED-backlit dapat melokalisasi kegelapan untuk kontras yang jauh lebih dalam.

Jika Anda kesulitan memahami hal ini, anggap saja adegan film yang gelap sebagai contoh. Dalam adegan itu adalah ruangan hitam yang sangat gelap dengan pintu tertutup yang memungkinkan cahaya menembus celah bawah. Layar LCD dengan lampu latar LED dapat membuatnya lebih baik daripada layar lampu latar CCFL karena yang pertama dapat menyalakan warna hanya untuk bagian di sekitar pintu, memungkinkan semua bagian layar lainnya tetap benar-benar hitam.

Informasi Tambahan tentang LCD


Penting untuk berhati-hati saat membersihkan layar LCD, apakah itu TV, telepon pintar, monitor komputer, dll.

Tidak seperti monitor dan TV CRT, layar LCD tidak memiliki kecepatan refresh. Anda mungkin perlu mengubah pengaturan kecepatan refresh monitor pada layar CRT Anda jika ketegangan mata adalah masalah, tetapi itu tidak diperlukan pada layar LCD yang lebih baru.

Sebagian besar monitor komputer LCD memiliki koneksi untuk kabel HDMI dan DVI. Beberapa masih mendukung kabel VGA tetapi itu jauh lebih jarang. Jika kartu video komputer Anda hanya mendukung koneksi VGA yang lebih lama, pastikan untuk memeriksa ulang apakah monitor LCD memiliki koneksi untuk itu. Anda mungkin perlu membeli adaptor VGA ke HDMI atau VGA ke DVI sehingga kedua ujungnya dapat digunakan pada setiap perangkat.

Jika tidak ada sesuatu yang muncul di monitor komputer Anda, Anda dapat menjalankan langkah-langkah dalam Panduan Menguji Monitor Komputer yang Tidak Berfungsi untuk mencari tahu sebabnya.

0 Response to "Definisi LCD (Liquid Crystal Display) dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel