10 Cara Merawat Charger Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Merawat Charger Android - Selama penggunaan hp tentunya ketika daya batre sudah mulai melemah kita akan memerlukan daya kembali kepada hp tersebut dengan cara pengechasan, dengan melakukan pengecasan kita akan mengembalikan energi hp agar bisa tahan lama saat digunakan.

Dan untuk melakukan pengecasan pada android kalian tentunya akan memerlukan sebuah charger sebagai perantara arus listrik ke android kalian, dan agar pengisian daya batre dapat dilakukan secara optimal tentunya kita harus menggunakan charger yang baik juga untuk hp atau android yang kita gunakan.

Banyak sekali orang yang menyepelakan penggunaan charger dalam melakukan pengisian daya hp, yang penting bisa masuk saja sudah dikatakan bagus, ini salah besar, ada baiknya kalian menggunakan charger dan cara menggunakan charger yang baik agar pengisian dapat lebih optimal dan bisa saja dalam penggunaan charger yang salah akan mengakibatkan pengisian daya betre yang lama terisi, dan banyak kejadian fatal lainnya yang bisa terjadi.


Maka dari itu dalam penggunaan charger lebih berhati-hatilah dan rawatlah charger kalian agar tetap terus bisa digunakan dengan baik, Disini saya memberikan beberapa solusi agar charger kalian tetap bisa terawat dengan baik.

Cara Merawat Charger Agar Tidak Cepat Rusak.


Banyak cara yang dilakukan agar charger kalian tidak cepat rusak, tapi disini ada beberapa pointnya yang perlu kalian lakukan agar charger tetap bisa bagus dalam penggunaannya atau terawat.

1. Selalu bersihkan charger secara berkala.
Dengan membersihkan charger tentunya dalam penggunaan charger akan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak selain itu charger akan terus terlihat seperti baru, membersihkan yang saya maksud seperti membersihkan charger dari debu atau noda yang dapat menyumbat port usb sehingga dalam mengalirkan arus listrik akan terhambat.

Dan juga bersihkan noda atau bekas keringat atau air yang dapat membuat kabel charger terlihat kotor atau berdaki. terutama charger yang berwarna putih akan cepat terlihat kotor, kalian juga bisa menggunakan minyak angin dan kapas untuk membersikan bagian kabel yang nodanya susah hilang.

2. Cabut charger jika sudah tidak digunakan.
Sering kali terjadi bagi banyak orang yang jika sudah selesai melakukan pengecasan mereka akan mencabut hp nya saja sedangkan chargernya mereka biarkan berada distop kontak, usahakan selalu mencabut juga charger jika sudah tidak digunakan lagi, sebagian orang memang manganggap hal ini tidak menjadi masalah, tapi lebih baik kalian mencabutnya saja jika tidak digunakan, bisa saja terjadi arus pendek pada listrik kalian sehingga membuat charger ikut menjadi rusak.

3. Gulung kabel dengan benar.
Selanjutnya jika sudah tidak digunakan lagi charger yang anda gunakan tadi, silahkan gulung kembali charger dengan benar, banyak orang yang tidak memperdulikan hal ini setelah digunakann mereka langsung memasukan charger ketas atau tempat lainnya tanpa menggulungnya dengan benar.

Gulunglah charger dengan benar seperti gulungan saat membeli baru dan mudah untuk digunakan lagi.

4. Jangan menarik charger saat hp dicas.
Biasanya orang yang menarik charger hp saat dicas adalah orang yang malas bergerak jadi agar dapat meraih hpnya mereka langsung menarik hpnya saja secara langsung tampa melepat chargernya dengan benar.

Hindari hal ini karena dapat membuat port charger akan menjadi cepat longgar.

5. Hindari sinar matahari langsung

Selanjutnya hindarilah pengecasan didaerah yang langsung terkena sinar matahari langsung, karena saat melakukan pengisian batre charger akan menjadi panas, dan jika ditambah dengan sinar matahari maka suhu chargernya akan bertambah panas.

6. Hindari dari benda tajam.
Hindarilah benda-benda tajam dari charger kalian yang dapat merusak charger seperti kecacatan kabel atau bisa saja kabel akan putus, dan solusinya jika sudah terjadi hal ini hanyalah menganti kabel chargernya.

7. Hindari dari Air dan Api.
Selain menghindari dari sinar matahari yang dapat mengantarkan panas dan menghindari dari benda tajam yang dapat membuat kecacatan kabel usb, kalian juga harus menghidari dari air dan api, seperti yang kita ketahui charger merupakan komponen elektrik dan benda elektrik sangat sensitif dengan air jika bagian elektriknya terkena air yang dapat mengakibatkan konslet dan Api akan membuat charger menjadi cacat kabel atau memebuat performa adapter menjadi melemah.

8. Simpan charger ditempat aman.
Jika sudah tidak digunakan lagi selain digulung dengan benar maka pastikan dalam menyimpan charger letakkanlah di tempat yang aman, jika kalian menyimpan charger ditas ada baiknya kalian menghindari benda tajam atau benda lain yang dapat merusaknya, dan jika kalian dirumah simpanlah charger ditempat yang aman seperti lemari, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jika kalian sembarang meletakan charger, maka charger akan bisa dimainkan oleh anak-anak, yaa kalian taulah kalau anak-anak jika mendapatkan benda mereka akan membanting-bantingnya, dan jangan letakan charger dilantai yang bisa saja akan terinjak oleh orang lain.

9. Hindari benturan kecharger.
Biasanya benturan yang terjadi pada charger saat charger jatuh dari ketinggian atau tidak sengaja melempar sesuatu yang mengenai charger. usahakan hindari benturan yang dapa membuat charger cepat rusak.

10. Posisikan charger dengan benar.
Jika saat mengecas hp, pastikan posisi charger itu benar-benar tepat, banyak kejadian orang yang mengecas hpnya tapi pososi kabel usbnya longgar dengan port hp yang dapat menghambat arus listrik yang masuk, dan saat memasukan kepala charger dengan stop kontak yang sangat longgar sehingga kemungkinan dapat mengakibatkan konslet.

Mungkin dari 10 point diatas bisa kalian lakukan agar charger kalian terus tetap terawat dengan baik.

0 Response to "10 Cara Merawat Charger Hp Agar Tidak Cepat Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel