Mengenal Chipset Pada Smartphone dan Jenisnya

Mengenal Chipset - Sebagai seorang pengguna smartphone kata chipset merupakan kata yang tidak asing lagi untuk didengar,  karena chipset merupakan salah satu komponen penting yang berada pada smartphone yang kita miliki, Chipset dapat diistilahkan dengan suatu sistem yang berada diperangkat mobile yang terdiri dari sekumpulan microchip. Microchip tersebut dibangun dan bekerja berdasarkan tugasnya masing-masing dalam mendukung fitur dan fungsi tertentu.

Mengenal Chipset Smartphone

Chipset juga diterapkan pada perangkat komputer akan tetapi kinerja chipset pada komputer dan smartphone itu berbeda, di perangkat komputer (PC) chipset bekerja lebih spesifik dan terpisah, Pada perangkat komputer chipset memiliki kerja khusus yaitu menangani pengontrolan memori, audio, grafis, bahkan CPU itu sendiri.

Sedangkan pada perangkat Smartphone chipset juga dikenal dengan System on a Chip (SoC), ini mengartikan bahwa chip pada ponsel memiliki berbagai macam komponen yang membantu dan mendukung kinerja sebuah smartphone.Chipset pada sebuah smartphone dibuat dalam sebuah penampung yang berukuran kecil dan tipis agar bisa ditanamkan kedalam smartphone dan tidak memperbesar ukuran dari smartphone jika chipset ini dibuat dengan ukuran sama besarnya dengan smartphone maka secara otomatis ukuran smartphone yang kita miliki sekarang akan susah untuk dimasukan kedalam saku celana dan akan menyusahkan kita untuk membawanya kemana-mana.

Macam-macam Chipset

Chipset juga memiliki banyak jenis diantaranya yaitu:

1. Mediatek.

Chipset yang pertama yaitu Mediatek yang merupakan chipset MTK yang perusahaanya dikenal oleh banyak vendor baik dari perusahaan baru hingga ke perusahaan yang terkenal, dan juga dikenal sebagai perusahaan yang memiliki chipset terkemuka. Chipset mediatek ini bisa dibilang chipset yang peredarannya cukup besar.

Chipset MediaTek yang berasal dari Hsinchu, Taiwan ini juga memiliki banyak variannya, chipset ini memiliki nama dengan kode MT diawalnya dan 4 kode angka dibelakangnya. chipset yang berasal dari taiwan ini memiliki harga yang cukup murah tapi tidak murahan dan chipset ini menarget hanya untuk smartphone kelas menengah, walaupun dengan harga yang cukup murah namun chipset ini tidaklah memiliki spesifikasi yang jelek seperti yang saya bilang sebelumnya, murah tapi tidak murahan, karena setiap chipset memang memiliki keunggulannya masing-masing dan targetnya masing-masing.

Dari beberapa situs internet yang saya baca mediatek (MTK) memiliki beberapa chipset terbaik buatannya, salah satunya yaitu Helio Series-X dan Series-P Chipset ini memiliki processor 10 inti core 64 bit dan kecepatan Up to 2.2 GHz selain itu dilengkapi dengan GPU Mali-450 yang mengutamakan dalam segi grafis dan performa.

2. Snapdragon.

Selanjutnya Chipset Snapdragon, chipset ini cukup banyak diminati banyak pengguna smartphone dan banyak sekali ditemui disetiap smartphone baik itu dari kelas entry sampai kelas flagship. Snapdaragon merupakan produk keluaran dari Qualcomm dan merupakan perusahaan yang dikenal dengan perusahaan chipset yang berpengalaman dalam merilis chipset dan memiliki processor yang berkualitas.

Chipset Snapdragon banyak sekali digunakan oleh merk vendor ternama seperti Samsung Galaxy Note 9, OnePlus 6T, LG G7 ThinQ, Xiaomi Mi MIX 3, Oppo Find X, LG V30, Google Pixel 2 dan banyak lainnya lagi.

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Chipset Snapdragon 845 yaitu

Pusat pengelolahan AI (Kecerdasan Buatan) dan pengelohanan AI ini ditangani oleh CPU Kyro 385, GPU Adreno 630, dan DSP Hexagon 685.

Tertanam Secure Processing Unit (SPU) yang sudah dibekali dengan random number generator sebagai pembuatan key (kunci) dalam transaksi digital. Dalam penerapan pengamanan berbasis hardware ini Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 845 akan bisa menangkal dari serang Hacker dibandingkan chip sebelumnya.

Segi Immersion, Snapdragon 845 ini akan menghasilkan konten visual yang berkualitas bagus, memukau dengan perpanduan dari pengolah grafis (GPU) Andreno 630 dan image signaling processor (ISP) Spectra 280.

Dan ini masih untuk Snapdragon 845, belum lagi untuk versi selanjutnya 855 dan seterusnya.

Baca juga :

3. Exynos

Chipset selanjutnya yaitu Exynos yang merupakan chipset yang sering kita jumpai pada smartphone Samsung, itu dikarenakan chipset ini dikembangkan oleh perusahaan samsung sendiri, akan tetapi dipasar amarika untuk Samsung lebih menggunakan chipset Snapdragon karena agar tidak kalah dalam pemasaran smartphone disana.

Selain samsung chipset ini juga digunakan untuk beberapa smartphone lainnya seperti Meizu dan Lenovo. Salah satu produk samsung yang menggunakan chipset ini yaitu Samsung Galaxy A7 dengan chipset Exynos octa-core 2.2 GHz. selain itu juga ada Samsung galaxy S8, Galaxy S8+ dan Galaxy Note 8.

Keunggulan yang dimiliki oleh chipset buatan perusahaan samsung ini yaitu dari segi daya tahan dan juga grafis, namun memiliki harga yang cukup mahal dibanding chipset lainnya. chipset ini juga rekomendet banget untuk kalian yang suka bermain game berjam-jam karena chipset ini memiliki daya tahan baterai yang cukup kuat dan lumayan bagus juga dalam segi jaringan.

4. Nvidia Tegra

Ada juga chipset Nvidia Tegra merupakan chipset buatan Nvidia yaitu perusahaann yang dikenal dengan penyedia kartu grafis  dan laptop gaming murah ini juga tidak ingin ketinggalan sepertinya, dengan chipset khususnya yang dibuat untuk perangkat mobile android.

Beberapa smartphone yang menggunakan chipset ini diantaranya Xiaomi Mi Pad, Samsung Galaxy Tab, Asus Nexus, NVIDIA Shield, HTC One, Motorola, Sony Tablet dan Microsoft Surface.

5. Intel

Tidak puas dengan chipset yang buat untuk produk PC intel juga memiliki chipset buatanya untuk produk Smartphone yaitu Intel Atom A3 (soFIA). Keunggulan yang dimiliki yaitu dual qore processor yang hampir sama dengan quad qore.

Beberapa smartphone yang menggunakan chipset ini diantaranya adalah Asus Zenfone, Dell Venue, Lenovo, Acer Iconia, Samsung Galaxy Tab, Motorola dan Axioo Picophone i1.

6. PXA

PXA merupakan chipset yang kembangkan oleh perusahaan marvell setelah sukses dalam pembuatan film avengers haha... tentu bukan perusahaan marvel yang itu, chipset ini jarang sekali untuk ditemui dipasar smartphone indonesia dikarenakan chipset ini digunakan lebih banyak dipasar amerika dan biasanya dipakai oleh smartphone coolpad.

Dulunya chipset ini juga pernah digunakan oleh Samsung galaxy tab dan HTC. meski dikatakan dengan chipset yang cukup lawas akan tetapi perusahaan ini juga memiliki chipset yang sudah mendukung 32 dan 64 bit.

7. OMAP

Chipset ini juga merupakan chipset yang cukup jarang didengar di Indonesia, chipset ini dikembangkan oleh texas instrument, chipset ini lebih dikenal dibagian amerika sana, dan chipset ini juga jarang sekali digunakan didaerah ASIA namun pernah juga digunakan oleh vendor Samsung, LG, dan Huawei untuk beberapa produk yang mereka miliki.

Mungkin cukup sekian untuk penjelasan dari chipset, dan sebenarnya masih ada chipset lainnya juga yang dapat kalian temukan artikel lainnya digoogle mengenai chipset, seperti chipset Apple dan Huawei.

Saya harap kalian dapat mengeti sedikit dari penjelasan saya diatas jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk membagikan pengetahuan chipset kepada banyak orang lainnya.

4 Responses to "Mengenal Chipset Pada Smartphone dan Jenisnya"

  1. Chipset = SoC (System on a Chip) saya baru tau tentang hal ini, terima kasih untuk pengenalan yang telah dijabarkan dengan baik ini gan, semoga bermanfaat juga bagi yang lain untuk mengenali chipset pada smartphone

    ReplyDelete
  2. Ane masih setia dengan snapdragon. Udah terbukti josss

    ReplyDelete
  3. Menurut saya mediatek juga lumayan tapi ya memang sih snapdragon memang sekarang menjadi chipset andalan untuk smartphone kelas-kelas atas.

    ReplyDelete
  4. Tim MediaTek mana ni haha, otw secepatnya snapdragon

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel