Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi atau Error

Halo sahabat teknoowl, kemarin hari kamis tanggal 21 Februari 2019 tepatnya 5  jam + yang lalu telah terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan terhadap laptop saya, yaitu kerusakan pada keyboard saya, sebagai seorang yang bisa dikatakan tidak bisa jauh dari laptop saya merasa sangat kesal terhadap hal ini, karena hampir disetiap harinya saya selalu bercengkrama dengan laptop saya ini, baik itu untuk tugas perkuliahan, programming, blogger dan lainnya lagi. 


Dan menurut saya laptop lebih dari teman dekat saya, tapi tidak untuk keluarga saya. jadi jika terjadi sesuatu terhadap laptop saya tentunya akan membuat saya menjadi tidak tenang dan kesal. setelah beberapa jam saya mengakali keyboard laptop saya yang rusak dan tidak mau berfungsi seperti pada umunya saya terus tanya-tanya teman grup blogger dan grup programming di WA dan di FB , bahkan juga sudah berulang-ulang kali saya browsing namun tidak dapat menemukan jawabannya, hampir semua jawaban sama dan anehnya tidak ada satu pun dari cara itu yang bisa membenarkan keyboard laptop saya yang rusak, itu bukan dikarenakan cara atau trik yang mereka katakan salah tetapi memang pada dasarnya keyboard laptop saya yang rusaknya sesuai dengan analisa mereka. 

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop diantaranya, keyboard tidak menampilkan huruf sesuai dengan apa yang kita ketikan, error mengetik sendiri, error sebagian tidak bisa diketik, atau error tidak bisa mengetik sama sekali. 

Ada banyak sekali cara atau trik pada umumnya yang ditulis oleh para blogger atau penulis artikel online yang kalian temukan dibrowser kalian, karena trik itu sangat membantu. dan berikut trik atau cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi atau error

Beberapa cara ini juga banyak diberitahu teman-teman saya mungkin bisa memperbaiki keyboard laptop kalian yang rusak diantaranya :

1. Restart Laptop

Restart laptop merupakan cara umum yang sering dilakukan seseorang jika terjadi sesuatu pada laptopnya seperti laptop not respond, laptop lemot, laptop error dan banyak error atau kerusakan lainnya lagi, tahukan kalian dengan melakukan restart pada laptop itu bisa mengatasi ratusal masalah error pada laptop berdasarkan salah satu web browsing yang saya baca. Namun jika anda kesulitan untuk melakukan restart pada laptop kalian dikarenakan not respond atau lainnya kalian bisa melakukannya dengan cara menekan tombol power beberapa saat sampai laptop kalian benar-benar mati lalu silahkan hidupkan kembali.

Baca juga cara mematikan Hp Tanpa Menekan Power

2. Cabut Batrai

Cara yang kedua ini merupakan solusi yang terjadi pada keyboard laptop saya, dan sebenarnya ini bukan kali pertamanya terjadi kerusakan pada keyboard laptop saya, namun sudah yang ke-3 kalinya. Dan saya tidak tau juga pastinya kenapa keyboard dan apa peyebab keyboard laptop saya rusak dan tidak bisa mengetik. 

Sedikit bercerita saya juga pernah mengantarkan laptop saya ketempat service laptop yang padahal laptop saya seharusnya masih dalam kondisi garansi namun orang tersebut tidak mau bertanggung jawab dikarenakan pada keyboard laptop saya seperti ada percikan bekar tumpahan air yang mereka kita ini kesalahan pribadi jadi tidak masuk dalam garansi laptop, mereka mengusulkan ada komponen yang harus diganti pada laptop saya namun saya lupa nama komponennya apa itu, dan saya merasa keberatan karena seharusnya masih garansi, lalu saya mengambil kembali laptop saya yang sudah dibongkarnya setelah dipasang kembali oleh mereka, sesampai dirumah saya coba nyalakan laptop dan saya coba mainkan keyboardnya teryata sudah bisa, untungnya saya tidak jadi mengganti komponen yang mereka usulkan tadi, sehingga mengharuskan saya membayar, dan beberapa saat tadi hal ini terpikir oleh saya, dan saya coba untuk hanya melakukan mencabut batrai laptop saya dan hasilnya Alhamdulillah keyboard saya bisa kembali untuk mengetik dan membuat artikek ini hehe.

3. Periksa Num Lock

Kejadian ini juga sering terjadi ketika seseorang sedang melakukan pengetikan tanpa disadari dia melakukan kesalahan akibat dirinya sendiri yaitu tertekan tombol Num Lock yang biasanya terletak pada ujung kanan atas leyboard. Sehingga membuat penggunaan keyboard tidak dilakukan secara optimal dan biasanya membuat perintah yang diketikan pada keyboard tidak sesuai dengan yang ditampilkan pada layar laptop.

4. Perbaiki Driver Keyboard

salah satu penyebab ternyadinya error atau tidak mau berfungsinya keyboard laptop itu disebabkan oleh driver keyboard yang tidak pernah diperbarui sehingga menyebabkan kerusakan pada drivernya.

Silahkan kalian melakukan pengechekan pada driver laptop kalian dan saya kali ini dengan menggunakan laptop windows 10 mungkin kalian bisa menyesuaikan karena pada umumnya tidak jauh berbeda :
  • Buka "Control Panel" jika tidak tahu letaknya silahkan cari dipencarian laptop kalian atau klik start dan ketikan "Control Panel" dan silahkan kalian buka.
  • Jika sudah dibuka lanjutkan dengan memilih "Hardware and Sound" lalu pilih "Device Manager".
  • Device manager akan menampilkan semua driver yang digunakan pada laptop kalian dan silahkan kalian pilih "keyboard".
Saat membuka driver keyboard jika terdapat lambang warning atau tanda seru berwarna kuning itu artinya driver kalian perlu melakukan update atau pembaruan. Untuk update bisa dilakukan pada website resmi laptop tersebut. Lalu kalian cari Driver Keyboard yang  terupdate sesuai dengan perangkat, silahkan unggah dan instal.


5. Konektor Terlepas

Konektor Keyboard Laptop

Selanjutnya penyebab terjadinya kerusakan pada keyboard laptop diantarnya adalah lepasnya konektor yang menghubungkan keyboard dengan laptopnya hal ini membuat keyboard menjadi tidak terbaca oleh laptopnya, dan ada baiknya memastikan konektornya tidak lepas.

6. Bersikan Keyboard Laptop

Yang kelima yaitu silahkan bersikan keyboard laptop, membersikan laptop juga merupakan solusi utama agar kinerja keyboard lebih optimal, karena jika terdapat debu atau sesuatu yang dapat mengganjal tombol pada keyboard kalian akan membuat tombol tersebut menjadi keras atau tidak bisa berfungsi dikarenakan tertahan oleh sesuatu yang menganjal tersebut, ada baiknya kalian bersikan keyboard laptop dengan kuas atau sikat halus agar bisa membersikan bagian sela-sela tombol, dan lakukan ini secara rutin setidaknya seminggu sekali agar laptop jauh dari namanya debu.


7. Keyboard Alternatif

On-Screen Keyboard

Jika sejauh ini keyboard kalian masih juga belum bisa berfungsi dengan benar ada baiknya kalian menggunakan keyboard alternatif yaitu keyboard eksternal atau Software keyboard laptop bawaan dari laptop biasanya dengan nama "On-Screen Keyboard".

Jadi berdasarkan dari solusi diatas apakah ada yang dapat menyelesaikan permasalahan pada laptop kalian? jika kalian punya cara lain silahkan berkomentar dibawah agar mereka yang keyboardnya rusak juga bisa membaca cara yang anda buat dan dapat membantu mereka, cukup sekian dari saya selamat berkatifitas.

3 Responses to "Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi atau Error"

  1. Wah sangat membantu banget, di praktikan work

    ReplyDelete
  2. Keyboard Laptop saya pernah rusak karena jarang dibersihkan keyboardnya, setelah dibersihkan ternyata banyak bekas upil ku yang selama ini numpuk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel