Membuat Program Sederhana Dengan Aplikasi Processing Latihan 1

Salam kenal semua, artikel pertama saya ini mengenai membuat program dengan aplikasi processing akan membahas sedikit mengenai apa itu aplikasi processing,dan bagaimana cara menggunakannya, karena kedepannya tidak akan saya jelaskan lagi untuk memperhemat waktu saya dalam penulisan artikel. Langsung saja


Apa itu Processing

Processing merupakan bahasa pemograman dan juga lingkungan pemograman yang bersifat Open Source dalam pembuatan gambar, interaksi dan animasi biasanya Aplikasi Processing ini biasanya digunakan oleh para pelajar programer untuk mendesain, membuat suatu gambar, atau pun membuat sebuah prototype.

Dan processing juga digunakan untuk pembelajaran dasar pemograman dan bentuk rupa dan gambar yang berfungsi sebagai buku sketsa dalam bentu software dan juga tool produksi.

Untuk bisa mendownload aplikasinya kalian bisa langsung mendapatkannya disitus resminya yaitu Processing selanjutnya bagaimana cara menggunakannya?

Cara menggunakan Processing

Jika kalian sedang mengambil matakuliah menggunakan aplikasi ini mngkin sudah mengetahui caranya tapi sebagian pasti tidak tau jadi untuk dapat menjalankan program processing silahkan kalian buka aplikasinya yang sudah kalian buka tadi maka akan tampil seperti ini :


1. Button Play : berguna untuk menjalankan sript yang kalian masukan pada aplikasi processing tersebut.
2. Button Stop : berguna untuk menghentikan program yang sedang berjalan dari program yang kalian jalankan sebelumnya.
3. New : untuk membuat file baru.
4. Open : untuk membuka script lama yang pernah kalian buat atau download.
5. Export : untuk mengexport aplikasi ke platform os lainnya sepeti Linux, Windows dan lainnya.

Membuat Program Sederhana

Selanjutnya kita akan membuat script sederhana agar bisa dijalankan oleh aplikasi processing ini dan juga sebagai latihan pertama kalian diwebsite saya ini.

Silahkan ketikan code berikut pada program processing kalian:

void setup(){
 size(800,500);
 background(#A9F5F2);
 smooth();
 }

 void draw(){
 ellipse(mouseX, mouseY, 90, 90);
 if (mousePressed) {
 fill(#A9F5F2);
 }
 else {
 fill(#FF0000);
   }
 }

Jika sudah mengetik kode diatas selanjutnya silahkan kalian jalankan programnya , Keterangan menurut saya:

Void Setup () : merupakan sebuah perintah atau fungsi awal pada program yang mana didalamnya terdapat perintah awal saat menjalankan programnya.

{ dan } : adalah sebuah code yang berfungsi sebagai penampung code berdasarkan fungsi yang kalian buat sebelumnya dan menempatkan code diantara { dan }.

void draw() : hampir sama seperti void setup tetapi ini adalah sebuah fungsi sebagai perintah setelah void setup dijalankan. dan fungsi ini bisa dijalankan berdasarkan script apa yang kita tuliskan.

ellipse : adalah kode untuk membuat lingkaran dan banyak code lainnya lagi selain ellipse mungkin akan saya port dipertemuan berikutnya dan di ataran tanda kurung ( ) dibuat sebuah variabel untuk membuat ukuran lingkaran yang kita buat.

fill : perintah untuk memberi warna.

if  dan else : adalah perintak pengkondisian.


Program yang saya jalankan

Diatas adalah gambar yang saya buat dari program yang kita jalankan tadi, jika kalian menekan mousenya maha lingkaran akan berwarna biru muda atau (#A9F5F2) dan jika tidak akan berwarna merah atau (#FF0000) 

Mungkin cukup sekian untuk kali ini sampai berjumpa lagi dipertemuan berikutnya. dan selamat beraktifitas.

1 Response to "Membuat Program Sederhana Dengan Aplikasi Processing Latihan 1"

  1. Request pembuatan program yang bisa dicontrol seperti game sederhana, terima kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel