Hindari Kebiasaan Ini Agar Laptop Tidak Cepat Rusak.

Penyebab Laptop Cepat Rusak - Laptop atau juga biasa dibilang dengan komputer jinjing oleh sebagian orang merupakan teknologi yang bisa dikatakan hampir sepenuhnya membantu kebutuhan setiap orang dalam mendapatkan informasi, mengelolah data dan bahkan untuk berkomunikasi. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang begitu pesat sehingga penggunaan laptop lebih sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Teknologi satu ini awalnya dibuat oleh Alan Kay yang merupakan salahsatu ilmuan amerika dan dari penemuan Alan Kay tersebut sangat disambut baik oleh seorang publisher perangkat lunak diamerika yaitu Adam Osborne yang juga merupakan seorang yang bekerja dipenerbitan buka di Amerika

Dahulu laptop bentuknya tidak sekecil dan seringan seperti jaman sekarang karena seiring berkembangnya teknologi semakin banyak orang-orang yang mengembangkan teknologi laptop ini hingga dalam penggunaannya lebih mudah digunakan dan bisa dibawa kemana saja.

Dengan bentuk laptop yang bisa dikatakan cukup kecil dan cukup ringan, laptop kini bisa dimasukan kedalam ransel atau tas. sehingga membuat orang yang ingin membawanya kemana-mana lebih mudah, namun tahukah kalian teknologi satu ini juga bisa rusak seketika karena kebiasaan yang tanpa sadar kita lakukan terhadap laptop tersebut.

Laptop Cepat Rusak Karena Kebiasaan Ini


1. Menghimpit Laptop Kedinding

Yang permana saya yakin diantara kalian pasti pernah melakukannya, maksud saya yaitu tas yang berisikan laptop lalu kalian himpitkan kedinding karena kalian ingin bersandar saat duduk,baik itu saat sekolah, kuliah, kerja, atau dimana pun saat kalian membawa laptop ditas kalian. Jujur saya juga pernah melakukannya saat diperkuliahan, saya sering menghimpitkan tas yang berikan laptop saya himpitkan didinding saat sedang duduk, ada baiknya kalian hindari kebiasaan ini, karena dengan tekanan yang cukup kuat bisa saja laptop yang berada pada tas kita akan cepat rusak, dan saya sarankan saat ingin duduk dengan bersandar kedinding segeralah melepas tas yang berikan laptop dan letakkanlah dipangkuan kalian.

2. Lari-lari dengan Laptop

Lari-lari dengan laptop juga sangat membahayai laptop, itu dikarenakan goncangan yang dilakukan terus menerus pada teknologi satu ini akan membuat hardwarenya cepat rusak, seperti goresan akibat bergesekan dengan benda lain yang ada ditas atau lebih parah lagi. 

Pengalaman pribadi saya pernah membawa laptop ditas karena terkena goncangan yang terus menerus, bagian tutup untuk CD-ROOM saya patah, jadi sebaiknya jangan pernah berlari atau apapun itu yang membuat guncangan pada laptop kalian.

3. Pisahkan Penyimpanan Laptop Pada Tas.

Masih pada tas, agar laptop kalian tidak cepat rusak pastikan kalian saat menaruh laptop kedalam tas pisahkanlah laptop dengan benda-benda lainnya yang dapat membuat laptop bisa saja tergores saat kalian berjalan atau saat berlari dan memberi guncangan pada tas kalian seperti yang sudah saya jelaskan pada nomor dua tadi.

4. Meletakan Benda Berat Diatas Laptop

Selanjutnya jangan pernah kalian meletakan benda yang berat diatas laptop kalian, hal ini sering terjadi saat kalian menyimpan laptop dilemari, atau meletakan tas yang berikan laptop lalu ditumpuk dengan benda berat lainnya. Hal ini berbahaya juga sama halnya seperti menghimpit tas kedinding tadi, biasanya pada bagian LCD itu akan cepat rusak jika meletakan laptop dibawah benda berat.

5. Jangan Menggunakan Laptop Ditempat Panas.

Jangan pernah menggunakan laptop saat berada diluar rumah atau berada didekat jendela yang secara langsung laptop kalian terkena matahari, hal ini sangat berakibat fatal, karena saat menggunakan laptop, laptop akan mengeluarkan suhu panas pada mesinnya dan jika kalian juga menggunakan laptop dibawah trik matahari tentu laptop tidak akan cepat dingin dan akan semakin cepat panas juga akan mempercepat kerusakan pada LCD laptop.

Namun bukan berarti pada ruangan lebih bagus digunakan dari pada diluar ruangan, jika ruangannya panas itu sama saja tidak akan membantu laptop untuk menstabilkan suhunya agar tetap dingin, pastikanlah lingkungan tempat anda menggunakan laptop berada ditempat yang sejuk.

6. Jangan Menggunakan Laptop Ditempat Empuk.

Mengunakan laptop ditempat empuk juga berakibat fatal, jangan salah mengira bahwa menggunakan alas yang empuk seperti bantal, selimut atau benda empuk lainnya akan memperlama umur laptop, hal ini salah total, karena alas yang empuk akan menyumbat tempat pentilasi pada laptop untuk mengeluarkan suhu panasnya sehingga suhu panas yang seharusnya dikeluarkan malah menjadi tertahan didalam laptop, lebih buruknya hal ini bisa mengakibatkan kebakaran karena panas berlebihan pada laptop karena penumpukan panas pada laptop.

7. Menggoyang Flashdisk Saat Dicabut.

Selanjutnya ini juga merupakan pengalaman pribadi saya, menggoyang FD (flashdisk) saat ingin mencabutnya dari port laptop atau lubang tempat memasukan FD atau kabel USB lainnya, saya harap kalian jangan pernah melakukan hal ini apa lagi laptop kalian masih baru, karena saat kalian mencabut FD atau benda sejenisnya yang berada diport laptop tersebut dengan cara digoyang-goyang hal ini akan mengakibatkan kelonggaran pada lubang port tersebut sehingga lama kelamaan jika sudah longgar saat ingin memasukan FD lagi akan susah dibaca oleh laptop.

Maka dari itu alangkah baiknya jika ingin melepas FD lakukanlah dengan posisi FD lurus dan tarik dengan benar, jangan pernah digoyang atau menariknya dalam posisi FD bengkok.

8. Bersihkan Laptop Dari Debu

Memberihkan laptop bukan hanya dilakukan saat waktunya libur ya teman-teman, lakukanlah pembersihan laptop dan yang saya maksudkan disini bukan membersikan bagian dalam laptop melainkan memberikan laptop pada bagian yang mudah dibersihkan saja.

Kenapa kita harus selalu menjaga kebersihan pada laptop? hal ini bisa berdampak buruk jika kita tidak merawat dan membersihkan laptop dari yang namanya debu atau sampah, jika ada batu kecil saja yang menyumbat pada bagian keyboard tentu akan membuat keyboard bekerja kurang optimal dan saat mengetik tombol yang terkena batu kecil tersebut akan membuat tombol itu menjadi sedikit keras untuk ditekan, dan jika anda terus memaksa untuk menekannya bisa saja batu kecil tadi akan masuk lebih dalam kebagian laptop kalian, yang seharusnya hanya membersihkan bagian luar sekarang kalian juga harus membersihkan bagian dalam.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak

9. Jauhkan Magnet Dari Laptop.

Jauhkan magnet atau benda-benda yang mengandung magnet dengan laptop kalian apa lagi benda tersebut mengandung magnet 100%, hal ini sangat buruk bagi laptop kalian karena ada komponen laptop yang mudah rusak terhadap magnet contohnya harddisk, harddisk ini mengandung data dari laptop kalian, jika magnet tadi mengenai harddisk maka harddisk kalian akan bisa kehilangan data didalamnya.

Coba bayangkan data anda yang sebegitu pentingnya tiba-tiba hilang seketika karena kesedikit kesalahan yang anda lakukan.

10. Jauhkan Benda Cair Dari Laptop

Benda-benda cair juga dapat membahayakan laptop kalian, beberapa benda cair diantaranya Es krim, Minuman dingin, Es batu dan benda lainnya yang mudah mencair, hal ini karena jika benda cair tersebut mengenai laptop maka laptop akan menyerap benda cari tersebut hingga mengenai komponen dalam laptop yang dapat mengakibatkan bagian dalam laptop yang bekerja akan cepat rusak, error atau pun tidak bekerja lagi.

11. Letakkan Laptop Dengan Cara Lembut.

Yang terakhir yang juga sering terjadi yaitu saat ingin meletak laptop kita tidak terlalu memperhatikannya, contohnya saat laptop kalian berada didalam tas dan kalian dalam keadaan baru pulang kerja atau kuliah tidak sedikit orang yang akan meletakan tasnya yang berisii\ laptop tadi dengan cara yang lembut tetapi langsung plookk kelantai atau kemeja, hal ini juga sangat membahayakan laptop kalian jika ingin memperpanjang umur laptop jangan pernah lakukan hal ini karena hal ini bisa saja akan merusak komponen luar atau pun komponen dalam laptop baik secara langsung atau secara perlahan.

Mungkin dari beberapa kebiasaan diatas ada yang pernah ngalami, dan kita hanya menyesali tindakan kita saat laptop sudah terlanjur rusak, ingat bro kita bukan orang kalangan atas yang punya uang banyak untuk membeli laptop lagi, ingat juga orang tua bagi kalian yang dibelikan laptopnya oleh orang tua, maka dari itu jagalah laptop kalian.

Jika ada tambahan silahkan berkomentar dibawah jangan lupa kunjungi arikel kami lainnya juga ya teman-teman, selamat beraktivitas salam teknoowl.

9 Responses to "Hindari Kebiasaan Ini Agar Laptop Tidak Cepat Rusak."

  1. Apakah dengan sering melakukan sleep terhadap laptop juga akan memperpendek umur laptop pak?

    ReplyDelete
  2. Buat juga dong pak cara merawat laptop agar tidak cepat rusak

    ReplyDelete
  3. terimakasih artikelnya sangat membantu, jadi saya bisa lebih tahu merawat laptop saya.

    ReplyDelete
  4. Btw bagus nih artikel, ini make template viomagz bukan ?

    ReplyDelete
  5. Makasi atas informasinya semoga laptop saya bisa tahan lama bang.

    ReplyDelete
  6. Ohh begitu yaaa. Mantap ni saran nya buat laptop ane

    Bw kuy

    https://www.bungrendi.com

    ReplyDelete
  7. Nomer 6 sering kejadian.. laptop nonton kita akhirnya..😀😀
    Kunjung balik gan

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya gan, sangat membantu...

    ReplyDelete
  9. Jangan tidur diatas laptop juga merupakan kebiasaan yang bisa merusak laptop bang, selain berat kepala kita yang menimpa laptop juga bisa iler kita saat tidur menetes kelaptop haha

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel