Belajar HTML Dasar Bagian 2 : Halaman Web Sederhana (Hello World !)

Selamat datang kembali semuanya, kembali lagi dipembelajran HTML dasar, jika sebelumnya saya sudah membuatkan artikel pengenalan dasar HTML maka dipertemuan kedua kita kali ini akan membahas cara membuat website sederhana yaitu membuat Hello World , karena tidak afdhol rasanya jika ingin memulai membuat website tetapi tidak membuat hello world.


Namun pada pertemuan kali ini saya belum menggunakan code editor sublime text yang pada pertemuan sebelumnya saya ceritakan, dan dipertemuan kali ini saya hanya akan menggunakan Notepad yang merupakan software atau code editor bawaan komputer atau laptop.

Jika diantara kalian belum membaca artikel Belajar HTML bagian 1 nya silahkan baca dahulu baru agar semuanya terarah dan tidak binggung nantinya kalian bisa tekan link ini untuk baca bagian 1 nya : Belajar HTML Dasar Bagian 1 

Oke, jika kalian sudah membacanya kita lanjut saja,

Instal Web Browser.
langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah Instal dahulu Web browser pada komputer kalian agar kita bisa menjalankan script programnya nanti beberapa web browser diantaranya : Opera Browser, Mozila Firefox, Crome dan banyak lainnya lagi yang bisa kalian download diinternet.

Jika kalian sudah memilikinya itu lebih baik lagi, karena tidak perlu repot-repot lagi untuk menginstal dan mendownloadnya.

Buat Folder.
Selanjutnya ada baiknya kita membuat sebuah folder khusus untuk menampung script program yang kita buat nanti agar tersimpan rapi dan memudahkan kita untuk mencari tempat penyimpanannya jika sewaktu-waktu kita ingin membukanya kembali.

Sebagai contoh saya akan membuat folder baru  dengan nama HTML Dasar dan saya simpan didesktop saja untuk mempermudah saat ingin membukanya kembali, dan saya buat kembali folder baru didalamnya dengan nama lat1 yang mana jika ada sesuatu yang baru nantinya jumlah foldernya nanti akan terus bertambah lat1,lat2,lat3 dan seterusnya..  Jika sudah masuk tahap berikutnya.

Mulai Menulis Script.
Silahkan kalian buka notepad pada komputer kalian dan sebelum kita mulai menuliskan script html kita tulis dahulu pada notepadnya yaitu "Hello World" tanpa tanda petik, jika sudah silahkan simpan di folder lat1 yang kita buat tadi dengan nama halaman1 dan pastikan kalian menyimpannya dengan ekstensi .html selain itu saya menyarankan jangan memberi spasi pada nama file  ya meskipun dengan menambah spasi tetap bisa dijalanlan karena ada kemungkinan menjadi masalah dan akan menemukan karakter baru dan save as typenya pilih All File agar tidak otomatis file yang kita simpan tadi menjadi bentuk text melainkan dalam bentuk browser.


Selanjutnya silahkan kalian buka file yang kalian simpan pada folder lat1 tadi dengan menekan double klik kiri  atau klik kanan pilih Open atau bisa juga klik kanan pilih Open with dan pilih web browser mana yang ingin kalian gunakan. maka akan tampil pada web browser kalian tulisan Hello World yang kalian tulisakan dinotepad tadi.


Dan selamat kalian sudah berhasil membuat halaman web sederhana kalian akan tetapi belum dengan script html melain hanya plain text biasa, silahkan kalian klik kanan pada browser yang ada tulisan hello world tadi dan pilih view-source atau juga bisa dengan menekan ctrl+u maka akan tampil view-sourcenya, disana kita tidak menemukan script html sama sekali melaikan hanya tulisan hello world saja, web browser belum menganggap tulisan tadi sebagai halaman html melainkan hanya plain text, dan agar browser membacanya sebagai html kita harus membuat dahulu struktur dasar html nya.

Berikut script struktur dasar hml copy dan pastekan ke notepad kalian :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>

</body>
</html>

Di baris pertama kita menuliskan <!DOCTYPE html> ini artinya kalian akan membuat dokumen dengan tipe HTML dan memberi tau kebrowses kita akan menggunakan HTML versi berapa ? kalau kalian menuliskan seperti tersebut <!DOCTYPE html> tanpa menuliskan tipe htmlnya maka browser akan membacanya sebagai tipe html dengan versi terbarunya.

Dilanjutkan dengan baris kedua yaitu dengan karakter <html> ini bisa diartikan tag pembuka html yang mana jika ada text pembuka maka akan ada tag penutup , yang membedakan tag pembuka dengan penutup hanya dengan menambahkan / (slash) sebelum huruf html tersebut atau yaitu seperti ini </html>. nah inilah yang dinamakan tag html, dan didalam tag html tersebut ada lagi tag utama yaitu tag <head> dan tag <body> dan mereka ini juga memiliki tag penutupnya dan ingat hanya menambahkan slash didepan hurufnya yaitu </head> dan </body>. jadi apapun yang ingin kalian tuliskan nanti silahkan tuliskan diantara tag head atau tag body.

Sebagai contoh kita buka kembali membuat contoh, silahkan buka notepad kalian tadi lalu tuliskan Hello World diantara tag body seperti berikut lalu silahkan disave dengan mereplace file lat1 tadi.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>
  Hello World
</body>
</html>

Silahkan buka kembali browser kalian tadi dan refresh file kalian tadi maka dibrowser juga akan menampilkan text  Hello World seperti yang ditampilkan sebelumnya, namun browser mengetahui ini adalah script html namun tetap saja pada bagian text Hello World nya tetap menjadi tipe plain text dan bukan html. Kalian bisa melihatnya dengan melihat view-source seperti sebelunya atau tekan pada keyboard ctrl+u ,itu dikarenakan kita tidak membuatkan tag pada text Hello World melainkan hanya tulisan biasa tanpa tag.

Hal ini tentunya akan membuat browser akan binggung akan membaca text kalian tadi sebagai apa? apakah sebagai paragraf, apakah sebagai link, apa lagi jika kita akan menuliskan text dengan sebuah paragraf , contoh coba kalian ganti scriptnya menjadi seperti berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>
 Hello World

 selamat beraktivitas
</body>
</html>

dan silahkan refresh browser kalian tadi maka disana tulisan yang seharusnya kalian buat paragraf tidak akan dibaca sebagai paragraf oleh browser itu dikarenakan kita tidak mebuatkan tag paragraf pada textnya dan browser akan membacanya sebagai plain text biasa yang dituliskan. dan sekarang kita ganti kembali scriptnya dengan menambahkan tag paragraf pada textnya tag paragraf ditulis sebagai <p> pada script html :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>
 <p>Hello World</p>

 <p>selamat beraktivitas</p>
</body>
</html>

setelah kalian simpan dan refresh kembali browser kalian maka browser akan mengetahui bahwa text yang kalian tulis adalah dengan jenis paragraf dan browser tidak akan menyatukan tulisan itu seperti sebelumnya.

Lalu diantara tag head tadi ada tag title atau <title> tag ini fungsinya sebagai penamaan judul pada halaman web yang kalian buat, sekarang kalian coba isikan text diantara tag title tersebut seperti berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
 <p>Hello World</p>

 <p>selamat beraktivitas</p>
</body>
</html>

coba kalian perhatikan pada tab browser halaman web kalian tadi maka disana akan tertulis judulnya sesuai dengan judul yang kalian tuliskan pada tag title tadi. Sama halnya saat kalian mengakses Google, Twitter, Yahoo atau lainnya maka di tabnya akan ada judul nama mereka itulah yang disebut dengan title.


Mungkin sampai disini cukup sekian dulu pertemuan kita silahkan ikuti website teknoowl untuk artikel selanjutnya.

Silahkan subscribe juga channel Youtube Web Programming Unpas atau kalian bisa klik DISINI karena dari youtube tersebutlah sumber data artikel yang saya buat ini salam dari saya teknoowl selamat berkativitas.

2 Responses to "Belajar HTML Dasar Bagian 2 : Halaman Web Sederhana (Hello World !)"

  1. Penjelasanya menarik mudab dimengerti, ditunggu artikel selanjutnya jangan lama-lama pak sudah tidak sabar saya haha

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ilmunya. Mampir juga di blog saya Hahuwa Blog atau Almustari Blog

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel