Belajar HTML Dasar Bagian 1: Pengenalan HTML

HTML atau kepanjangannya yaitu HyperText Markup Language merupakan bahasa markup jadi juga harus kalian ketahui bahwa HTML bukanlah bahasa pemograman melainkan bahasa markup yang mana bahasa ini digunakan untuk membuat suatu halamam web, yang mana HTML inilah yang nantinya akan menampikan berbagai informasi kedalam browser atau penjelajah internet dan formating hypertext sederhana ditulis kedalam format ASCII sehingga menampilkan wujud yang terintegrasi, artinya berkas yang dibuat pada software pengolah kata dan disimpan menggunakan format ASCII normal dengan perintah-perintah html sehingga akan menjadi Home Page.


Untuk dapat menampilkan dan menyusun halaman website agar lebih baik HTML tidak bekerja seorang diri, melaikan dibantu juga oleh CSS dan Javascript. Yang mana HTML memiliki fungsi sebagai kerangka dalam pembuatan halaman website , CSS bertugas untuk memperhias halaman tadi agar terlihat lebih cantik atau lebih bagus, sedangkan Javascript tugasnya khusus dalam keinteraktifan website tersebut atau juga bisa katakan lebih hidup berupa animasi, slide show dan lain sebagainya. HTML sebenarnya juga bisa untuk menghias halaman website namun CSS bisa melakukan pekerjaan tersebut lebih baik dibandingkan HTML dalam menghias website.

OLKIT (oleh karena itu) jika kalian ingin menjadi seorang pengembang web (web development) kalian harus mengetahui dahulu mengenai HTML dan cara kerjanya karena HTML merupakan dasar dari sebuah website.

Ketahuilah:

HTML dibangun oleh Caillau Tim dan Berners-Lee Robert saat mereka bekerja di CERN (lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) pada tahun 1989.

Kenapa disebut dengan Markup Language?

Itu dikarenakan HTML menggunakan "mark" yang memiliki arti "menandai" bagian bagian text yang mana bagian text yang ditandai tersebut akan merubah tampilan, bentuk bahkan fungsi text tersebut dari bentuk normalnya dan inilah yang disebut juga dengan tag HTML. saya harap sampai disini kalian sudah paham.

Dimana kita bisa menulisakan script atau kode HTML?

Lalu dimana kita bisa menuliskan script atau kode HTML tersebut apakah menggunakan pensil dan kertas? jawabannya tentu tidak, untuk dapat menjalankan script HTML kita bisa menuliskannya pada software text editor pada komputer kalian.

Apa itu text editor?

Singkatnya Text editor adalah software aplikasi yang digunakan oleh penggunanya untuk menuliskan code program atau syntax untuk menjadi sebuah website. Beberapa text editor diantaranya notepad, atom, sublime text dan banyak lainnya lagi. 

Secara pribadi saya nantinya akan menggunakan text editor sublime text 3 sebagai pembelajaran kita tapi saya juga tidak memaksakan kalian untuk menggunakan text editor itu juga tergantung text editor mana yang kalian sukai atau biasa gunakan dan jika kalian belum memiliki text editor lainnya kalian bisa menggunakan notepad yang merupakan software bawaan dari komputer atau laptop.

Saya harap sampai disini kalian sudah paham mengenai apa yang saya jelaskan, dan cukup sekian untuk materi pertama seri HTML saya untuk kali ini akan dilanjutkan dengan materi yang akan datang terus ikuti website kami dan semoga bermanfaat, komentar dibawah jika ada pertanyaan. 
Selamat beraktivitas.

0 Response to "Belajar HTML Dasar Bagian 1: Pengenalan HTML"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel