100% Berhasil : Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2 Prime Yang Cepat Penuh

Smartphone dijaman sekarang memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat, baik dalam hal Berbisnis, memberikan Informasi, hiburan dan banyak lainnya lagi, namun siapa yang tidak kecewa ketika smartphone miliknya memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit dan membuat penggunaannya tidak dapat dilakukan secara maximal atau tidak bisa menginstal banyak aplikasi dan memasukan data lain yang berkapasitas cukup berat seperti foto, video dan lainnya, salah satunya hp android samsung J2Prime, android satu ini memiliki sedikit kapasitas yang tentunya membuat penggunanya membatasi penggunaan aplikasi, dan data yang berkapasitas banyak sehingga membuat memori menjadi penuh.

Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2Prime Yang Cepat Penuh
Samsung J2 Prime memiliki RAM sebesar 1,5 GB dan ROM sebesar 8 GB dengan CPU Quad-core 1,4 GHz chipset MediaTek MT6737T, OS yaitu Android versi 6.0 (Marshmallow) , namun tahukah kalian dengan spesifikasi keren tersebut dan ditambah dengan harga yang tergolong masih murah masih saja banyak pelanggan yang mengeluh dengan smartphone tersebut dikarenakan penyimpanan yang cepat penuh padahal tidak banyak aplikasi yang digunakan. saya yang juga sebagai pengguna Samsung J2 Prime ingin berbagi tips dan trik gimana sih agar penyimpanan menjadi banyak kosong atau tidak penuh, sebelumnya trik ini sudah saya coba dan hasilnya berhasil dan kalian bisa mencobanya.
Sebelumnya kalian harus tau dahulu bagaimana cara melihat ketersediaan penyimpanan pada handphone kalian. Silahkan kalian buka pengaturan pada handphone kalian lalu pilih "Pemeliharaan Perangkat" nah jika sudah maka disana akan menampilkan dari jumlah penyimpanan yang kalian miliki dan RAM yang tersedia pada handphone kalian, contoh tampilan seperti gambar dibawah ini

Pemeliharaan Perangkat

Dijelaskan disana penyimpanan yang tersedia pada handphone saya yaitu 522 MB dan RAM yang tersedia 522 MB juga. maka langkah yang harus kalian lakukan agar penyimpanan yang kalian miliki semakin banyak yaitu:

1. Hapus instalan pembaruan pada aplikasi bawaan

Hal yang saya sarankan pertama kali yang harus kalian lakukan adalah hapus instalan pembaruan pada aplikasi bawaan, maksudnya apa? maksud saya biasanya handphone kalian saat mengakses Wi-Fi maka aplikasi bawaan dari handphone kalian secara otomatis mendownload  dengan sendirinya untuk pembaruan aplikasi tanpa sepengetahuan kalian, hal ini dikarenakan pada pengaturan pembaruan kalian masih default bawaan pabrik yang menyebabkan aplikasi dengan sendirinya mendownload secara otomatis dan membuat penyimpanan kalian cepat penuh. Lalu bagaimana cara menghapus instalan pembaruan aplikasi ?. .  Caranya yaitu silahkan kalian pergi kedapur dan buat air kopi agar melek saat membaca artikel ini hehe (just kidding). caranya yaitu silahkan ke"pengaturan" pada handphone kalian lalu pilih "aplikasi" silahkan kalian cek satu persatu aplikasi bawaan kalian yang sudah menginstal pembaruan lalu pada pojok kanan atas ada titik 3 dan pilih itu dan silahkan pilih lagi "Hapus instalan pembaruan" dan selesai.

2. Hapus data aplikasi bawaan

Yang kedua hal yang harus kalian lakukan juga yaitu hapus data aplikasi bawaan, caranya yaitu masih diarea Pengaturan>Aplikasi tadi kalau tadi kalian pilih yang titik 3 dipojok atas maka kali ini kalian langsung pilih "Hapus data" dan silahkan hapus semua data aplikasi bawaan yang tidak digunakan sebelum dinonaktifkan.

3. Nonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak digunakan

Selanjutnya mematikan atau non-aktifkan aplikasi bawaan yang tidak digunakan, caranya bagaimana? caranya hampir sama seperti yang dua diatas tadi yaitu silahkan kalian buka "pengaturan" lalu pilih "aplikasi" jika sudah silahkan kalian pilih aplikasi bawaan mana yang tidak kalian gunakan untuk dinon-aktifkan, lalu tekan pilihan "nonaktifkan" dan silahkan nonaktifkan semua aplikasi bawaan kalian yang sekiranya tidak digunakan.

Aplikasi yang di non-aktifkan

4. Hapus aplikasi download yang tidak bermanfaat atau tidak digunakan lagi

Hapus aplikasi download yang tidak bermanfaat atau tidak digunakan lagi tentunya aplikasi download yang saya maksud adalah aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat kalian yang sudah di download melalui Play Store atau situs download lainnya, dan saya sarankan jangan mendownload aplikasi yang tidak ada manfaatnya sama sekali, jika suka main game jangan menginstal banyak game karena akan memenuhi penyimpanan.

5. Hapus data sampah pada peyimpanan perangkat

Yang terakhir hapus data sampah pada penyimpanan perangkat, data sampah yang saya maksud seperti data-data download dari internet atau data-data sisa dari aplikasi lama, dan pada folder android dibagian data biasanya banyak data-data yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan juga, jadi kalian bisa langsung menghapusnya saja semuanya seperti gambar dibawah ini


Data folder Android


Jika langkah diatas sudah kalian lakukan semuanya sekarang silahkan kalian coba buka "pengaturan" pada handphone kalian lalu pilih "pemeliharaan perangkat" seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya, dan kalian silahkan optimalkan penyimpanan perangkat dan RAM. dan setelah semuanya sudah dilakukan silahkan kalian lihat disana persediaan Penyimpanan dan RAM kalian pasti semakin banyak ruang penyimpanan dan RAM tentunya.

Setelah menghapus data

Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, jika ada cara lain yang bisa diterapkan silahkan komentar dibawah agar pengguna Samsung J2 Prime lainnya bisa tahu juga karena berbagi itu indah, dan Salam J2 Prime eh Teknoowl maksud saya hehe,Terima Kasih.

7 Responses to "100% Berhasil : Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2 Prime Yang Cepat Penuh"

  1. Ampuh banget caranya gan, memori saya jadi semakin luas, soalnya suka penuh memori saya karena main game online

    ReplyDelete
  2. Mantap gan, terima kasih infonya j2 prime saya jadi banyak ruang tanpa root

    ReplyDelete
  3. lumayan ruang penyimpanan nambah 500mb

    ReplyDelete
  4. Untuk memaksimalkan penyimpanan internal ada baiknya kita lebih fokus menyimpan berkas yang sekiranya tidak diperlukan oleh perangkat smartphone untuk dipindahkan ke memori ekternal saja, agar kinerja memori internal lebih baik dan memperluas penyimpanan secara maximal.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel